boleh baca tapi jangan ditiru, selamat membaca, siapa tahu berguna....

Selasa, 01 November 2011

Cerita Angkot #1

Angkot: Menyebalkan Tapi Dibutuhkan

 Angkot. Mendengar namanya, membuat pikiran kebanyakan orang langsung melanglangbuana ke daerah tempat saya dibesarkan, Bandung. Padahal, angkutan umum macam ini bukan hanya ada di Bandung saja. Di Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cianjur, Malang, Surabaya, bahkan ibukota sendiri punya yang namanya angkot, hanya beda nama.
 Tapi mungkin, karena angkot di Bandung ini luar biasa banyak sampai banyak kejadian yang bisa diceritain, maka orang akan berpikir Angkot identik dengan Bandung. Engga masalah dengan pikiran mereka yang menganggap Angkot adalah salah satu identitas dari kota Bandung, toh memang seperti itu kejadiannya. Tapi bukan sejarah Angkot yang bakal saya bagi di sini, tetapi setiap moment suka dan tidak suka saya selama menggunakan Angkot, yang pasti juga sering dialami oleh kalian para Angkoters.
 Saya kenal angkot sendiri sudah cukup lama, tetapi baru rutin menggunakan angkot ketika saya duduk di bangku SMP. Niat utama saya menggunakan Angkot ketika itu adalah karena saya ingin mengambil arah yang lebih jauh untuk tiba di sekolah. Padahal, kalau mau tahu rumah saya dan sekolah jaraknya tidak terlalu jauh, bahkan bisa sampai dengan menggunakan becak. Tapi karena saya ingin membangun image bahawa rumah saya cukup jauh dari sekolah, makanya saya mulai menggunakan angkot.
Belum banyak angkot yang beredar saat itu, saya pun hanya menggunakan angkot Riung Bandung-Dago dengan ongkos Rp 200  (kalo bayar segitu sekarang pasti di tabok mamang angkotnya) dilanjut dengan angkot ST Hall-Sadang Serang dengan ongkos Rp 100 (makin di tabok klo sekarang bayar segitu). Pokoknya, saat SMP kelas 1 saya kurang lebih bawa uang sekitar Rp 5000 dan itu pasti sisanya banyak karena saya tidak banyak menggunakannya untuk angkot.
 Dan ketika rumah saya pindah ke daerah Riung Bandung saat kelas 2 SMP, makin giranglah saya. Bukan hanya karena saya bisa mendapatkan ongkos lebih, tapi juga karena saya bisa lebih lama duduk di Angkot. Saking cintanya sama Angkot, bahkan saya sampai lebih suka tidur di Angkot daripada di mobil sendiri. Yang pasti, waktu SMP dulu saya lebih cinta sama Angkot...
 Kecintaan saya sama Angkot dilatarbelakangi oleh, dulu menurut saya Angkot yang ada masih belum banyak, supirnya masih ramah, dan saya belum mengalami ribuan kejadian yang bikin dongkol atau kejadian bodoh yang patut ditertawakan.
 Sekarang kecintaan saya kepada Angkot berubah menjadi hanya sebuah kebutuhan sebagai seorang warga Bandung yang tidak bisa naik motor meskipun latarbelakang pekerjaan saya menuntut untuk menggunakannya. Jadi sekarang, di mata saya Angkot hanyalah alat transportasi umum yang menjengkelkan, tapi juga yang saya dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar